5 Strategi Marketing Online 2023 yang Harus Anda Tahu!

By adm-tap-1
5 Strategi Marketing Online 2023 yang Harus Anda Tahu

Strategi marketing online saat ini merupakan suatu kebutuhan bagi para marketer untuk mengetahui cara memasarkan produk secara online. Hal ini dikarenakan strategi pemasaran online memiliki perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan pemasaran tradisional. Pada masa lalu, pemasaran tergantung pada pembuatan brosur, billboard, atau iklan di TV. Namun, saat ini, proses pemasaran menjadi lebih mudah dengan menerapkan strategi pemasaran digital. Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga akan lebih terjangkau.

Jika Anda saat ini memiliki bisnis berbasis online, maka perlu mengetahui strategi pemasaran yang efektif seperti yang akan disebutkan berikut ini. Berikut adalah 5 strategi pemasaran produk secara online yang paling efektif dan apabila diterapkan dengan benar maka dapat membantu meningkatkan konversi.

5 Strategi Marketing Online 2023

Branding

Salah satu cara untuk memasarkan produk secara online adalah dengan memperkuat branding bisnis. Contohnya, Mac merupakan salah satu laptop dengan performa terbaik dan harga yang mahal karena branding yang mereka lakukan sukses di pasaran. Untuk bisnis kita, branding juga merupakan strategi yang efektif di era digital seperti sekarang ini. Beberapa teknik branding yang dapat dilakukan adalah dengan membuat desain logo yang menarik dan mudah diingat, serta membuat tagline yang kreatif dan konten yang menarik.

SEO atau optimisasi mesin pencari

SEO merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk memasarkan produk secara online saat ini. Tidak hanya bermanfaat bagi bisnis yang sudah terkenal, SEO juga efektif bagi usaha kecil menengah. Untuk memanfaatkan strategi ini, sebaiknya persiapkan website yang akan digunakan untuk menjalankan bisnis. SEO dapat membantu meningkatkan pengunjung website yang kita miliki, serta meningkatkan kredibilitas brand di mata audiens. Masih banyak orang yang mencari produk melalui mesin pencarian, seperti yang dicatat oleh Internet Live Stats, yaitu sekitar 1,2 triliun orang melakukan pencarian informasi melalui Google.

SEM atau pemasaran mesin pencari.

Salah satu alternatif terbaik untuk digunakan sebagai strategi pemasaran online. Strategi ini mirip dengan SEO karena mengandalkan mesin pencari seperti Google. Namun, perbedaan utamanya adalah pada biaya yang dikeluarkan. SEM merupakan pemasaran berbayar, sementara SEO gratis. Meskipun demikian, dengan menggunakan SEM, website dan bisnis Anda dapat dengan mudah muncul di halaman pertama Google tanpa perlu repot melakukan optimisasi website. Website yang menerapkan strategi pemasaran SEM biasanya akan muncul dengan logo “Ad” atau “Iklan” di bagian awal paragraf. Salah satu alat yang paling terkenal untuk menerapkan strategi SEM adalah Google Ads. Menurut Search Engine Land, Google Ads merupakan platform pencarian berbayar yang paling populer di kalangan marketer karena dapat menargetkan kata kunci dengan tepat sehingga iklan dapat muncul di halaman pertama mesin pencarian.

Google My Business

Jika Anda memiliki produk yang dijual secara lokal, maka Google Bisnisku dapat menjadi salah satu strategi pemasaran online yang paling efektif. Dengan menggunakan Google Bisnisku, Anda dapat mencantumkan alamat bisnis ke dalam Google Maps dan muncul di mesin pencarian Google. Selain itu, Google Bisnisku juga dapat menampilkan review yang diberikan oleh pengguna yang pernah menggunakan atau membeli produk Anda. Semakin bagus review tersebut, tentu saja akan membuat audiens lebih percaya dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Konten pemasaran

Strategi marketing online yang berfokus pada pembuatan dan berbagi konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik dan mempertahankan audiens yang jelas. Tujuan pemasaran konten adalah untuk membangun hubungan emosional yang kuat dengan audiens target dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, konten harus relevan dengan audiens untuk menciptakan hubungan emosional dengan merek tersebut.

Beberapa contoh pemasaran konten termasuk membuat postingan blog, postingan Instagram, podcast, dan lainnya. Penting untuk memilih saluran yang tepat untuk menjangkau target pelanggan dan konsisten dalam menerapkan strategi yang dipilih. Konsistensi adalah kuncinya, karena strategi terbaik pun tidak akan efektif jika tidak diterapkan secara konsisten. Tujuan akhir dari pemasaran konten adalah untuk meningkatkan penjualan dan membangun basis pelanggan yang loyal.

Anda bisa membuat konten pemasaran menjadi jauh lebih menarik dengan gambar/foto yang memukau. Anda bisa mengunjungi Tap studio untuk membantu Anda membuat konten pemasaran yang bagus.