Apa Itu Customer Experience? Ini Penjelasannya

By adm-tap-1
Apa Itu Customer Experience? Ini Penjelasannya

Sebagai seorang pelanggan, pastinya Anda ingin mendapatkan pelayanan yang terbaik oleh toko online. Apabila pelayanan yang diberikan baik, tentu pelanggan akan senang. Namun, jika pelayanannya jelek, maka pasti pelanggan akan tidak puas dan enggan berbelanja lagi. Hal seperti itu biasa dikenal dengan istilah pengalaman pelanggan atau customer experience.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang istilah tersebut, Anda dapat menyimak penjelasan singkatnya di bawah ini.

Apa Itu Customer Experience?

Experience customer atau pengalaman pelanggan merupakan sebuah pengalaman pelayanan kepada pembeli saat melakukan interaksi di bisnis milik Anda. Hal ini bisa terjadi baik saat masih baru kenal dengan usaha Anda maupun ketika mereka sudah jadi pembeli loyal.

Artinya, semua kegiatan di dalam usaha bisa membuat pengalaman pembeli. Dimulai dalam hal periklanan yang digunakan, performa pelayanan, kualitas website, proses jual beli, kecepatan pengiriman barang, sampai dengan keamanan paket saat pengiriman.

Baca Juga : Bisnis Online Rumahan Ibu Rumah Tangga

Berbagai hal yang disebutkan sebelumnya tersebut harus sebisa mungkin memberikan kesan baik di mata pelanggan. Dengan selalu berpegang teguh dalam menciptakan kesan baik tersebut, usaha Anda dapat dikenal banyak orang dan punya pelanggan setia.

Untuk memudahkan dalam pemahaman tentang pengalaman pembeli ini, Anda bisa melihat beberapa contoh pengalaman baik kepada pelanggan saat mengakses toko online berikut ini:

  • Dapat dengan mudah dan cepat membuka halaman website toko online
  • Mendapatkan ucapan terima kasih via email setelah proses pembayaran pesanan berhasil dilakukan
  • Memperoleh sejumlah konten berisi informasi relevan terkait dengan deskripsi serta cara penggunaan produk
  • Selalu memberikan respons cepat kepada pelanggan saat dihubungi via live chat, telepon, ataupun email.
  • Customer diberikan kemudahan dalam memberikan saran serta kritik mereka terhadap produk yang telah mereka gunakan
  • Memberikan sambutan ramah kepada customer saat mengunjungi toko
  • Melibatkan customer dalam survey terkait pengembangan produk usaha Anda

Apabila dari semua contoh di atas belum diperoleh seorang customer, maka kemungkinan besar usaha itu belum memberikan pengalaman pembeli yang maksimal. Perlu diketahui, pengalaman ini tidak sama dengan istilah customer service. Jadi, tidak terkesan hanya pada jenis pelayanan saja.

Lebih jelasnya, seorang customer service cuma memberikan pelayanan saat para pelanggan menerima dan membutuhkan bantuan. Misalkan saja, pelanggan minta refund, bertanya lewat nomor telefon, melakukan komplain produk, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, CS ini adalah sebagian kecil aksi dari pengalaman customer secara utuh.

Itulah tadi penjelasan tentang pengertian customer experience. Terapkan pelayanan seperti itu maka para pelanggan pasti akan merasa nyaman. Selain itu, jangan lupa juga untuk menggunakan foto produk yang jelas dan berkualitas. Nah, untuk membuatnya, Anda bisa minta bantuan dari www.tapstudio.id. Perusahaan tersebut telah berpengalaman dalam bidang foto produk di e-commerce.