Mengenal Apa Itu Niche Market dan Cara Menentukannya
Pada era digital seperti sekarang, menjalankan bisnis dapat menjadi lebih mudah. Hal itulah juga yang membuat banyak orang mulai tertarik dan mencoba peruntungan untuk terjun ke dalam dunia usaha.
Namun, sebelum memutuskan untuk membuka usaha, pastinya ada persiapan yang harus dilakukan. Salah satu hal yang perlu dipikirkan adalah menentukan niche market dari usaha yang dijalankan.
Persoalan tentang niche market tersebut menjadi dasar penting agar usaha bisa terus berkembang dan sukses. Nah, bagi Anda yang mungkin belum tahu tentang hal tersebut, langsung saja simak ulasan berikut.
Apakah yang Dimaksud Niche Market?
Niche market merupakan suatu segmen/kategori yang punya peminat tertentu serta preferensi khusus. Jadi, bisa dikatakan niche ini merupakan sebuah ceruk atau bagian yang lebih spesifik dari pasar yang menjadi target Anda.
Untuk menentukan niche pada market bisnis Anda, terdapat berbagai macam aspek yang bisa digunakan. Anda bisa melihat dari usia target market, gender, pekerjaan, latar pendidikan, hobi, trend, dan berbagai aspek lainnya.
Dengan menentukan niche yang tepat, maka proses pemasaran bisnis Anda bisa menjadi lebih spesifik lagi. Hal itu tentu akan membuat produk dari bisnis Anda menjadi lebih mudah dalam proses pemasaran ataupun promosi.
Cara Mencari Niche Market yang Tepat
Setelah mengetahui tentang apa itu niche market, maka berikutnya Anda juga perlu tahu cara menentukannya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan dalam menentukan niche market bisnis.
1. Cari Tahu Kebutuhan Pasar
Saat Anda terjun ke dalam dunia bisnis, maka harus mencari tahu juga tentang minat dan kebutuhan pasar. Cari tahulah tentang apa saja kebutuhan yang sedang banyak dicari oleh target pasar.
Untuk mendapatkan informasi seperti itu, Anda bisa mencarinya dengan melakukan riset pasar. Dengan mengumpulkan informasi yang detail, maka Anda bisa menemukan hal apa yang sedang banyak dibutuhkan oleh pasar.
2. Lakukan Riset Pada Kompetitor
Dalam dunia bisnis, mempunyai kompetitor merupakan hal yang wajar dan harus disikapi dengan tepat. Pasalnya, kompetitor tersebut tidak hanya bisa menjadi pesaing saja, tetapi Anda juga bisa memanfaatkannya untuk riset.
Dengan melakukan riset terhadap kompetitor pada niche pasar yang sama, Anda bisa mengukur seberapa ketat persaingan yang akan terjadi. Riset kompetitor seperti ini bisa dilakukan dengan melihat langsung bisnis kompetitor baik secara offline maupun online.
3. Lakukan Tes Market
Terakhir, setelah semua proses pencarian niche market sebelumnya dilakukan, Anda dapat lanjut untuk melakukan market test. Caranya adalah dengan mulai menjual produk dengan niche Anda di pasaran.
Perhatikanlah bagaimana respons serta minat dari pasar terhadap produk yang Anda jual tersebut. Apabila memang respons positif, maka Anda bisa untuk mengembangkan lagi produk tersebut lebih jauh lagi.
Seperti itulah tadi penjelasan tentang niche market beserta cara menentukannya. Dengan berbekal niche market yang tepat dan kuat, pastinya usaha yang Anda jalankan punya potensi besar untuk meraih kesuksesan.