8 Alasan Facebook Marketing Masih Efektif

By adm-tap-1
8 Alasan Facebook Marketing Masih Efektif

Dulu sosial media yang kita ketahui hanyalah Facebook. Namun sekarang, muncul banyak sosial media lain seperti Instagram, Twitter, TikTok dan lain-lain.

Dari banyaknya sosial media yang ada, adakah alasan kenapa harus tetap melakukan pemasaran di Facebook? Bukankah sudah sangat ketinggalan zaman?

Facebook Marketing merupakan strategi pemasaran yang efektif dan populer di era digital saat ini. Dengan lebih dari 2,7 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, Facebook menjadi platform yang tepat untuk memasarkan produk atau jasa. Artikel ini akan membahas secara detail mengenai Facebook Marketing dengan mengacu pada keyword yang relevan.

Apa itu Facebook Marketing?

Facebook Marketing adalah strategi pemasaran di mana bisnis menggunakan platform Facebook untuk mempromosikan produk atau jasa, membangun brand awareness, serta berinteraksi dengan konsumen. Strategi ini melibatkan berbagai teknik pemasaran, seperti membuat halaman bisnis, mengelola grup, serta menggunakan fitur Facebook Ads Manager.

Facebook Ads Manager

Facebook Ads Manager adalah alat yang memungkinkan pengiklan untuk membuat, mengelola, dan melacak iklan di platform Facebook. Alat ini memberikan pengiklan akses ke berbagai fitur, seperti pembuatan iklan, penargetan audiens, penentuan anggaran, serta analisis dan pelaporan kinerja iklan.

Beberapa Alasan Facebook Marketing Masih Sangat Efektif

Banyak Pengguna Pemula Berkumpul di Facebook

Bagi kebanyakan orang, Facebook adalah sosial media pertamanya orang-orang. Banyak para pemuda berkumpul. Para pemula lebih mudah diiming-imingi produk jualan. 

Selain itu, tetaplah ingat fakta ini bahwa Facebook adalah sosial media dengan pengguna terbanyak di dunia. Sudah sangat dipastikan di sini ramai penggunanya, postingan Anda tidak akan sepi jika dilakukan dengan benar.

Promosi di Facebook Lebih Murah

Contohnya Facebook Ads mereka. Sungguh murah tapi imbalannya lebih dari yang seharusnya didapatkan. Mulai dari Rp 10.000 Anda bisa pasang iklan yang dilihat oleh banyak orang di Facebook. Selain murah, ia juga efektif. Adapun beberapa jenis promosi gratis, misalnya membagikan postingan promosi ke grup, kirim ke pesan pribadi orang-orang, berbagi kiriman dengan menandai akun orang-orang dan sejenisnya.

Diakses Orang Selama 24 Jam Non Stop

Dari belahan orang-orang di dunia atau sudut-sudut kota di Indonesia, pasti selalu aktif di Facebook. Promosi Anda bisa dijangkau mereka kapanpun selagi membuka Facebook. Tapi agar hasilnya maksimal, tetap perhatikan jam posting atau promosi agar menjangkau lebih banyak orang di jam-jam aktif pengguna Facebook di Indonesia.

Tempat yang Efektif untuk Komunikasi

Berkomunikasi dengan pembeli sangat mudah dilakukan di Facebook. Manfaatkan fitur chat atau komentar. Bisa juga beralih ke WhatsApp atau media yang lebih nyaman lainnya. Banyak ruang untuk kalian komunikasi dan diskusi. Saling berbalasan komentar pun bisa.

Tersedia Banyak Fitur Menarik

Facebook menyediakan Facebook untuk marketing, mereka menyediakan tools yang memudahkan pengusaha mempromosikan produk, baik dipromosikan lewat gambar, video, atau hanya sekedar teks.

Jika itu masih kurang, maka masuklah ke dalam grup-grup yang sekategori dengan usaha, lalu promosikan usaha Anda di sana. Langkah ini gratis dilakukan.

Cocok untuk Segala Jenis Bisnis

Apapun itu, kalian semua dapat mempromosikan usaha ke Facebook. Mau itu hanya usaha reseller, dropship, affiliate, jualan baju, kosmetik, makanan atau barang-barang yang lebih besar, seperti motor, mobil, sepeda, perlengkapan furniture. Masuklah ke grup-grup lapak, dan temukan bermacam-macam barang jualan pengguna-pengguna Facebook. 

Hati-hati saat jualan di Facebook karena rawan akan penipuan. Lakukan transaksi memakai cara paling aman.

Memiliki Jangkauan yang Luas

Berbagai pengguna dari belahan dunia berkumpul menjadi satu. Menjual barang lalu menarik perhatian pembeli luar negeri pun bukan hal yang mustahil lagi. Kasus ini sudah sering terjadi. Produk bisa mendadak ekspor ke luar negeri, memenuhi permintaan dari negara lain. Bukankah itu luar biasa?

Berbeda bila jualan di marketplace. Produk kita dibatasi jangkauannya, sehingga sulit mendatangkan pelanggan dari negara-negara lain.

Target Pasarnya Akurat

Anda bisa menargetkan pasar Anda secara akurat melalui pengaturan-pengaturan Facebook marketing yang disediakan platform sosial media ini. Kita bisa pilih targetnya ditujukan ke wanita atau laki-laki, muda atau tua, ibu-ibu atau kakak-kakak. Syarat agar bisa memperoleh layanan  ini, dengan memakai iklan berbayar Facebook. Tidak bisa dipakai gratis. Minimal bayar Rp 10.000-an.

Jika tertarik memasarkan produk di Facebook, langkah pertama mari buat fanspage Anda dahulu. Jarang ada pengusaha memasarkan barang dengan akun sosial media biasa. Mungkin yang skalanya masih kecil bisa mulai membuat akun saja. Tapi akan lebih baik membuat fanspage Facebook dahulu.