Jenis Pencocokan Keyword Pada Google Ads

By bismaeditor bismaeditor
Jenis Pencocokan Keyword Pada Google Ads

Memilih tipe keyword Google Ads yang sesuai akan membantu Anda menentukan target market yang akan melihat iklan Anda. Biasanya, pengguna internet yang melihat iklan Anda memiliki kesamaan dari hasil pencarian atas keyword atau kata kunci yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Google AdWords sendiri memberikan beberapa pilihan dari jenis keyword.

Exact Match

Jenis kata kunci Google Ads yang pertama adalah exact match. Tipe keyword ini umumnya digunakan oleh pengiklan yang iklannya hanya dapat terbuka atau dilihat ketika pengguna internet mengetikkan frasa tertentu di mesin pencari seperti Google. Misalnya, pengguna internet mengetikkan kata kunci ‘baju anak perempuan’.

Iklan hanya akan muncul pada hasil pencarian yang sama persis dengan keyword atau frasa yang digunakan tersebut tanpa adanya frasa atau kata lain di belakang atau di depan kata kunci tersebut. Exact match menggunakan simbol kurung siku ( [ ] ).

Broad Match

Broad match merupakan jenis keyword yang mengacu pada istilah dalam sebuah kampanye penelusuran Google Ads. Seperti namanya, broad match keyword memungkinkan pencarian yang sangat luas. Sayangnya, relevansinya cukup rendah. Jika exact match keyword menggunakan simbol kurung siku, broad match tidak memiliki simbol khusus untuk digunakan.

Pengguna internet hanya perlu mengetikkan kata kuncinya saja. Jika Anda mengetikkan kata kunci broad match, Google juga akan menargetkan kata kunci lain yang serupa seperti sinonim, bentuk tunggal dan jamaknya, dan relevansi lainnya. Contohnya, Anda mengetikkan kata kunci ‘woman shoe’, Google mungkin juga akan menampilkan konten dengan kata kunci woman shoes yang merupakan bentuk jamak dari kata shoe.

Broad Match Modifier

Seperti namanya, tipe keyword Google Ads ini merupakan versi modifikasi dari broad match keyword. Jenis ini menggunakan tanda tambah (+) di depan kata kunci. Jika broad match juga menampilkan konten dengan kata kunci yang serupa, broad match modifier hanya akan menampilkan konten yang memiliki kata kunci yang diketikkan, termasuk kesalahan eja.

Misalnya, Anda mengetikkan kata kunci ‘piyama wanita’. Iklan atau konten yang ditampilkan pun hanya yang memiliki kata piyama dan wanita saja.

Phrase Match

Tipe ini menargetkan kata kunci yang berupa frasa. Phrase match menggunakan simbol tanda kutip (“) di depan dan di belakang kata kunci. Tidak hanya kata kunci yang persis sama, phrase match juga akan menampilkan iklan atau konten dengan urutan yang sesuai pula. Misalnya, Anda mengetikkan kata kunci toko “sepatu di Surabaya”.

Maka, Google hanya akan menampilkan iklan atau artikel yang mengandung kata kunci tersebut dengan urutan yang tepat pula.

Jika Anda menggunakan teknik SEO untuk website bisnis Anda, Anda harus memperhatikan tipe keyword Google Ads yang telah disebutkan di atas.