Ketahui Perbedaan SEM Dan SEO
Apa saja perbedaan SEM dan SEO? Saat berbicara tentang pemasaran digital atau digital marketing, SEO dan SEM adalah dua tools andalan yang dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda. Namun, beberapa orang masih belum familier dengan dua istilah ini. Search Engine Marketing (SEM) adalah strategi pemasaran digital yang melibatkan promosi website dengan cara mengoptimalkan dan mengiklankan website tersebut.
Di sisi lain, Search Engine Optimization (SEO) merupakan strategi pengoptimalan website secara organik yang berkaitan dengan keyword atau kata kunci yang sesuai dengan konten yang ditampilkan. Lalu, apa saja yang membedakan antara SEM dan SEO?
Hasil Pencarian
Perbedaan SEM dan SEO yang dapat dilihat adalah dalam hasil pencarian. Jika Anda melakukan pencarian dengan menggunakan mesin pencari seperti Google, dan di dalam hasil pencarian terdapat website berlabel ‘Ads’, hal ini menunjukkan bahwa website tersebut menggunakan strategi SEM yaitu paid marketing.
Selain itu, website yang menggunakan strategi SEM terlihat memiliki extension, seperti nomor telepon. Sedangkan website yang menggunakan SEO hanya akan menampilkan sedikit cuplikan dari keseluruhan isi konten. Umumnya, kalimat atau paragraf yang memiliki kata kunci yang diketikkan oleh pengguna internet.
Biaya
Marketer yang menggunakan teknik SEM akan dikenakan biaya setiap ada pengguna internet yang mengklik hasil SEM yang muncul di hasil pencarian. Karena alasan inilah, SEM memerlukan anggaran yang cukup besar untuk mendapatkan hasil yang optimal dan sesuai dengan harapan. Namun, tidak perlu khawatir karena durasi iklan SEM dapat Anda atur sesuai dengan anggaran yang sudah Anda siapkan.
Di sisi lain, karena SEO adalah teknik pemasaran organik, maka tidak ada biaya yang dikenakan. Anda hanya perlu memastikan bahwa terdapat kata kunci yang sesuai dengan topik konten website Anda, serta menempatkan kata kunci tersebut dengan tepat sehingga Google mendeteksinya dan menempatkan website Anda di hasil pencarian teratas.
Tampilan
Hasil pencarian dari website yang menggunakan SEM hanya akan ditampilkan kepada target market dari website tersebut. Target market ini dapat disesuaikan berdasarkan faktor-faktor tertentu, seperti demografi, jenis kelamin, umur, dan history browser. Sedangkan website yang menggunakan SEO dapat dilihat oleh semua pengguna internet karena website SEO muncul berdasarkan kata kunci.
Hasil
SEM dan SEO umumnya memiliki tujuan yang sama, seperti meningkatkan visibilitas website atau brand awareness. Namun, SEM dapat memberikan hasil yang lebih optimal dalam waktu yang lebih singkat karena target market lebih terfokus pada mereka yang berpotensi untuk mengklik website SEM tersebut.
Setelah Anda melakukan kampanye untuk website yang dipromosikan, website tersebut akan langsung muncul dalam Search Engine Results Page (SERP). Sedangkan website SEO membutuhkan waktu yang lebih lama, terutama karena persaingan SEO yang sangat ketat.
Itulah perbedaan SEM dan SEO.