Panduan Foto Produk Estetik untuk Media Sosial dan E-commerce
Membuat foto produk estetik memang tidak boleh sembarangan dan memerlukan pengetahuan tentang pengambilan gambar. Jika tidak, maka hampir bisa dipastikan hasil potret tidak akan bagus yang berdampak produk tidak menarik bagi calon pembeli.
Sebenarnya ada cara praktis guna mendapatkan hasil gambar estetis, yakni menggunakan jasa pemotretan. Akan tetapi, jika Anda tidak mau mengeluarkan uang lebih silakan lakukan beberapa panduan berikut ini.
Panduan Membuat Foto Produk Estetik untuk Media Sosial dan E-Commerce
Untuk bisa bersaing dan mendapatkan perhatian di media sosial atau e-commerce, Anda harus memiliki foto produk estetik. Cara-cara dibawah mungkin bisa membantu mendapatkan hasil tersebut sehingga akan jauh lebih mudah menarik perhatian.
1. Mainkan bayangan dan efek cahaya
Memainkan efek cahaya adalah salah satu cara mendapatkan gambar lebih estetis. Atur sedemikian rupa sehingga membuat produk terlihat lebih hidup. Jangan lupa gunakan bayangan secara tepat untuk menambahkan kesan tertentu.
Bagi pemula, mungkin hal tersebut tidak akan langsung mendapatkan hasil. Oleh sebab itu, silahkan lakukan berbagai eksperimen meredupkan cahaya, menerangkan, membuat bayangan pendek atau panjang, dan sebagainya sampai menemukan potret terbaik.
2. Ambil gambar secara close up
Selanjutnya, Anda juga bisa mencoba mengambil gambar secara close up guna menonjolkan detail produk. Hal ini biasanya dilakukan jika produk tersebut mempunyai detail atau tekstur rumit seperti pada sepatu, baju, dan lain-lain.
Foto close up juga bisa membantu calon pembeli di e-commerce untuk memastikan barang yang akan mereka beli benar-benar berkualitas. Hal ini sangat penting mengingat saat berbelanja online, calon pembeli tidak bisa melihat barang secara langsung sehingga gambar close up akan sangat membantu.
3. Gunakan berbagai sudut pandang
Masih berkaitan dengan poin sebelumnya terkait calon pembeli tidak bisa melihat produk langsung ketika belanja online, cobalah gunakan berbagai macam sudut pandang. Selain memudahkan pembeli, variasi angle akan membuat produk menjadi lebih estetik karena mampu menonjolkan berbagai sisi.
4. Mengatur komposisi
Alih-alih mengambil gambar sembarangan, aturlah komposisi agar bisa menonjolkan produk. Anda bisa mencari beberapa referensi komposisi pengambilan gambar di berbagai sumber internet seperti bagaimana mengatur rasio, efek simetris, sudut, dan lain-lain.
5. Menggunakan properti tambahan
Terakhir, jika diperlukan silahkan gunakan properti tambahan supaya membuat gambar lebih estetik. Namun, perlu diingat bahwa properti tersebut harus berkorelasi dengan produk. Sebagai contoh, untuk produk makanan bisa menggunakan properti piring, sendok, gelas, garpu, dan sebagainya.
Selain trik di atas, sebenarnya masih ada beberapa cara lain untuk mendapatkan foto produk estetik. Anda bisa belajar di YouTube terkait bagaimana pengaturan kamera, pengambilan sudut, hingga editing untuk membuat produk lebih menarik.
Alternatif lain bisa dilakukan adalah menggunakan layanan foto produk yang kini sudah banyak ditemui, salah satunya adalah tapstudio.id. Dengan menyerahkan pada ahlinya, maka hasil foto akan jauh lebih estetik dan berpotensi menarik perhatian calon pembeli lebih banyak.