Tipe Kampanye Google Ads Untuk Promosi Bisnis
Apa saja tipe kampanye Google Ads? Sudah banyak pelaku bisnis yang menggunakan layanan iklan dari Google, Google Ads, untuk membantu mereka mencapai tujuan bisnis yang telah ditentukan. Jika Anda juga tertarik untuk menggunakan layanan ini, berikut jenis-jenis kampanye Google Ads yang perlu Anda ketahui.
Google Search Network
Jika Anda ingin iklan bisnis Anda tampil secara luas di jaringan Google, maka kampanye Google Search Network dapat menjadi pilihan yang tepat. Google Search Network sendiri adalah sekumpulan website dan aplikasi yang bernaung dan bekerja sama dengan Google. Misalnya, Google Maps, Google Play Store, dan aplikasi-aplikasi yang menjadi partner penelusuran Google.
Artinya, jika Anda memasang iklan di Google Search Network, iklan Anda akan tampil di situs-situs dan aplikasi tersebut. Iklan Anda dapat tampil di bawah, di atas, di samping, bahkan di tengah hasil penelusuran di aplikasi-aplikasi tersebut. Iklan yang ditampilkan pun dapat berupa teks yang mengandung kata kunci tertentu, atau iklan shopping yang menampilkan gambar atau video produk serta link menuju produk tersebut.
Google Display Network
Tipe kampanye Google Ads selanjutnya adalah Google Display Network. Jika Google Search Network menawarkan jangkauan yang luas, Google Display Network menawarkan jangkauan audiens yang lebih tepat sasaran. Iklan Anda akan muncul saat target market Anda mengunjungi situs-situs favorit, memeriksa Gmail, melakukan penelusuran di YouTube, dan menggunakan aplikasi mobile tertentu.
Iklan Google Display Network lebih banyak ditampilkan dalam bentuk gambar yang menarik dan responsif untuk menarik audiens yang berpotensi menjadi pelanggan.
Google Shopping
Kampanye Google Shopping menampilkan iklan dalam beragam format yang lebih detail. Seperti adanya nama toko atau merk, harga produk yang dipromosikan, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin mempromosikan bisnis Anda dengan lebih lengkap, maka Anda dapat mempertimbangkan memilih kampanye Google Shopping ini.
Dengan detail yang memperjelas bisnis atau produk yang Anda pasarkan. Hal ini memperbesar kemungkinan audiens untuk membeli produk atau setidaknya mengunjungi toko online bisnis Anda.
Google Play
Jika kampanye-kampanye Google Ads sebelumnya membebaskan Anda untuk mengatur iklan, kampanye Google Play yang akan membantu Anda untuk melakukannya. Anda hanya perlu memberikan ide iklan berupa teks dan konten pendukung lainnya, dan Google pun akan merancang beberapa jenis iklan dalam berbagai format dan jaringan.
Dengan Google Play, Anda hanya perlu memberikan anggaran awal, lokasi prioritas jangkauan iklan, bahasa yang diinginkan, dan ide iklan berupa teks tadi. Jika Anda tidak ingin repot-repot mengatur kampanye iklan Anda, Google Play bisa menjadi pilihan yang menarik.
Itu tadi adalah beberapa jenis kampanye iklan di Google Ads. Jadi, tipe kampanye Google Ads mana yang ingin Anda gunakan?