Apa yang dimaksud dengan pemasaran online? Ini pengertiannya

By adm-tap-1
Apa yang dimaksud dengan pemasaran online

Di era saat ini, dimana perkembangan teknologi dan internet menjadi sangat pesat, pemasaran online menjadi lebih menguntungkan dibandingkan dengan pemasaran tradisional. Hal ini dikarenakan hampir semua orang menggunakan internet setiap hari.

Oleh karena itu, banyak bisnis yang mulai beralih ke strategi pemasaran online. Bahkan, hingga 3,79 juta UMKM sudah melakukan transaksi online. Jika Anda masih bergantung pada pemasaran tradisional, Anda akan kalah bersaing dengan kompetitor.

Baca Juga : 6 Langkah Simple Membuat Toko Online Anda Sendiri

Sebelum memulai pemasaran online, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu tentang pengertian pemasaran online, manfaat dan jenis-jenisnya. Penjelasan tentang hal tersebut dapat ditemukan di artikel ini. Sudah siap? Mari kita mulai mempelajarinya!

Apa yang dimaksud dengan pemasaran online?

Pemasaran online adalah cara menjual atau mempromosikan produk atau jasa melalui internet. Ini termasuk berbagai cara, seperti menggunakan mesin pencari (seperti Google) untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda, menggunakan media sosial untuk menjangkau pelanggan potensial, atau menggunakan iklan berbayar (seperti Google AdWords) untuk menargetkan audiens yang spesifik. Pemasaran online juga dapat melibatkan strategi email marketing, yaitu mengirimkan email kepada pelanggan potensial atau pelanggan yang sudah terdaftar untuk mempromosikan produk atau jasa. Pemasaran online dapat membantu bisnis menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan penjualan.

Manfaat Pemasaran Online bagi Bisnis Anda

Mencapai Konsumen yang Lebih Banyak

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada miliaran orang di dunia yang aktif menggunakan internet setiap harinya. Di Indonesia saja, terdapat lebih dari 200 juta orang yang menggunakan internet.

Terlebih lagi, 70% dari orang lebih suka mencari informasi produk melalui internet daripada melalui iklan tradisional. Ini berarti, Anda memiliki kesempatan untuk mencapai jutaan orang dengan pemasaran online.

Bandinkan dengan jika Anda masih menggunakan brosur yang hanya ditempel di lokasi tertentu saja. Anda hanya akan dapat mencapai wilayah tertentu saja.

Target Audiens Lebih Spesifik

Keunggulan yang lain dari penjualan online merupakan Kamu bisa menata biar promosi cuma tampak ke sasaran audiens Kamu.

Misalnya, Kamu mempunyai upaya pakaian perempuan. Hingga, Anda dapat menata promosi buat diperlihatkan di audiens wanita saja. Apalagi, di umur serta posisi khusus. Juga, Anda pula bisa memilah promosi hendak timbul di fitur apa saja, bagus di desktop ataupun fitur mobile.

Khasiat ini belum pasti dapat Kamu miliki di penjualan konvensional. Misalnya Kamu memasang promosi di slogan ataupun papan iklan. Belum pasti sasaran audiens Anda hendak memandang slogan yang Anda pasang.

Mudah untuk Mengukur Performa

Pemasaran online juga membantu Anda lebih mudah mengukur performa.

Sebagai contoh ketika Anda memasang iklan di platform Google Ads, Anda akan mendapatkan laporan performa iklan. Seperti jumlah orang yang melihat iklan, jumlah orang yang mengklik tombol tertentu, hingga jumlah orang yang membeli produk dari iklan tersebut.

Dengan metrik performa yang jelas, Anda dapat mengetahui apakah pemasaran yang Anda lakukan berhasil atau tidak. Anda juga dapat mengetahui apakah perlu melakukan perbaikan di bagian tertentu, seperti menambah budget, mengubah desain, dan sebagainya.

Biaya yang Dikeluarkan Relatif Lebih Terjangkau

Sama seperti pemasaran tradisional, menjalankan pemasaran online tentu juga memerlukan biaya. Namun, biayanya relatif lebih terjangkau dan mudah untuk balik modal. Karena iklan langsung dilihat oleh target konsumen.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, pemasaran online merupakan salah satu cara yang efektif untuk menjangkau konsumen yang lebih banyak, menyasar audiens yang lebih spesifik, mudah untuk mengukur performa dan biaya yang relatif lebih terjangkau. Namun, untuk mencapai hasil yang maksimal dari pemasaran online, perlu diingat bahwa pemasaran online bukan hanya sekedar membuat iklan saja, namun juga memerlukan strategi yang baik dan kontinuitas untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Jadi, pastikan untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi dan trend pemasaran online yang berkembang, serta melakukan evaluasi secara berkala terhadap kampanye pemasaran online Anda.